Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari – Kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda. Jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan dan aktivitas fisik harian menentukan jumlah kalori yang dibutuhkan. Dengan menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan, Anda bisa menentukan porsi makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada tab Fakta Gizi pada paket makanan, terdapat kalimat, “Persentase RDA didasarkan pada kebutuhan energi sebesar 2000 kalori. Kebutuhan energi Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.” Artinya, kebutuhan kalori harian setiap orang tidaklah sama.

Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kalori lebih sedikit dari yang dibutuhkan, tubuh akan membakar cadangan energi yang tersimpan. Sedangkan jika kalori yang masuk lebih banyak dari yang dibutuhkan, maka akan disimpan di dalam tubuh sehingga berisiko menambah berat badan. Oleh karena itu, Anda perlu menghitung kebutuhan kalori harian untuk menjaga pola makan sehat.

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Sebelum Anda menghitung kebutuhan kalori, apakah Anda sudah memahami apa itu kalori dan lemak? Apakah Anda membakar kalori atau lemak saat beraktivitas dan berolahraga? Kalori adalah satuan makanan atau minuman dan energi yang digunakan dalam melakukan aktivitas.

Tabel Kalori Makanan Dan Minuman Anda Sehari Hari

Makanan atau minuman yang diminum memberikan energi (kalori) pada tubuh. Energi terbakar saat Anda bergerak. Jika lebih banyak kalori yang masuk daripada yang dibakar, sisa kalori tersebut disimpan sebagai lemak di dalam tubuh, yang menyebabkan penambahan berat badan. Sebaliknya, jika Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori, berat badan Anda akan turun karena tubuh membakar cadangan energi tubuh, misalnya dari lemak.

Jika Anda ingin menjaga berat badan tetap stabil, Anda harus mencocokkan jumlah kalori yang Anda makan dengan jumlah kalori yang Anda butuhkan. Jadi Anda bisa mengatur pola makan untuk menambah berat badan, menurunkan berat badan, atau menjaga berat badan.

Jika ingin menurunkan berat badan, diet defisit kalori bisa menjadi pilihan. Apa itu defisit kalori? Defisit kalori berarti jumlah kalori yang dikonsumsi lebih sedikit dari jumlah kalori yang dibutuhkan.

Ketika jumlah kalori yang dikonsumsi kurang dari yang dibutuhkan, tubuh mencari sumber energi lain. Beberapa sumber energi tubuh adalah lemak, seperti lemak di perut, paha, dan tubuh. Dengan cara ini, berat badan Anda akan berkurang.

Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Selain mengurangi konsumsi, pengurangan kalori juga dapat dilakukan dengan memperbanyak aktivitas fisik dan olahraga. Ketika aktivitas fisik meningkat, lebih banyak kalori yang dibakar.

Namun jumlah kalori yang dikurangi tidak boleh terlalu tinggi karena dapat membahayakan kesehatan Anda. Jumlah maksimal kalori yang bisa dikurangi adalah 500 kalori per hari. Mengurangi terlalu banyak kalori akan melemahkan tubuh, menyebabkan malnutrisi, merusak fungsi organ tubuh, dan menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah sakit.

Untuk menjamin gizi masyarakat Indonesia, Kementerian Kesehatan Indonesia telah menerbitkan pedoman statistik gizi menurut kelompok umur. Untuk orang dewasa, kebutuhan kalori harian yang disarankan adalah:

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Namun, tergantung pada berat dan tinggi badan Anda, kebutuhan kalori Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari rekomendasi di atas. Anda dapat menghitung kebutuhan kalori harian Anda dengan menggunakan rumus berikut.

Kalori Yang Dibutuhkan Saat Diet Per Hari

Kebutuhan kalori harian merupakan penjumlahan dari laju metabolisme basal (BMR) seseorang dan tingkat aktivitas fisik. Berapa kalori BMR? BMR adalah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas dasar. Saat istirahat atau tidur, tubuh membutuhkan lebih banyak kalori agar organ-organ tubuh dapat berfungsi, seperti pernapasan, jantung untuk memompa darah, dan sistem pencernaan untuk mencerna makanan.

Untuk mendapatkan kebutuhan kalori harian, hasil perhitungan BMR di atas dikalikan dengan faktor aktivitas fisik. Jika Anda tidak pernah berolahraga, kalikan dengan 1,2. Tingkatkan sebesar 1,3 jika Anda berolahraga lebih sedikit. Dan jika Anda sering berolahraga, kalikan dengan 1,4.

Rumus WHO lebih sederhana dibandingkan rumus Harris-Benedict. Rumusnya tidak memperhitungkan tinggi badan, tetapi dibagi berdasarkan kategori umur.

Misalnya, untuk mencari kebutuhan energi wanita usia 18-29 tahun digunakan rumus 14,7× (berat badan dalam kilogram) + 496.

Begini Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Saat ini, untuk mengetahui kebutuhan energi penduduk usia 18 – 29 tahun digunakan rumus 15,3× (berat badan dalam kilogram) + 679. Hasilnya kemudian dikalikan dengan faktor aktivitas fisik seperti pada rumus Harris-Benedict.

Untuk menu camilan di sela-sela waktu makan utama, sebaiknya konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, serat, dan mineral.

Elite MMA Shop merupakan distributor dan retail produk bela diri campuran dan fitnes terbesar di Indonesia. Kami berdiri pada tahun 2010 dan memiliki banyak toko di Jakarta dan Bali. Situs web ini menggunakan cookie untuk menyediakan situs web yang ramah pengguna, aman, dan efisien. Pengaturan cookie di browser biasanya diatur ke “Izinkan semua cookie”. Jika Anda terus melihat situs web ini, Anda menyetujuinya. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang kebijakan privasi dan cookie kami, silakan kunjungi kebijakan privasi kami

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Seringkali dikritik karena membuat Anda gemuk, padahal tubuh membutuhkan kalori. Namun, untuk menjaga berat badan tetap ideal, kalori harus dikonsumsi sesuai kebutuhan. Yuk, coba hitung jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Cara Hitung Kebutuhan Energi Berdasarkan Aktivitas Agar Tak Obesitas

Anda pasti sering mendengar kata kalori dan kaitannya dengan penurunan berat badan. Kalori sebenarnya bukanlah benda, melainkan satuan ukuran. Kalori mengukur energi dari makanan dan minuman yang kita makan.

Kita membutuhkan energi ini untuk hidup dan bertahan hidup. Untuk berfungsi, tubuh mengandalkan energi dalam bentuk kalori.

Makanan yang kita makan menyediakan bahan bakar bagi tubuh kita, namun tidak semua kalori itu menyehatkan. Jika dikonsumsi berlebihan, kelebihan kalori tersebut akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Meski tubuh membutuhkan lemak, namun terlalu banyak lemak dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Anak-anak membutuhkan lebih sedikit kalori dibandingkan orang dewasa. Atlet membutuhkan lebih banyak kalori untuk menunjang kemampuan fisiknya. Ada yang makannya sedikit dan mudah gemuk, ada pula yang makan terlalu banyak dan menjadi kurus.

Mudah! Ini Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Wanita membutuhkan 2000 kalori per hari, pria membutuhkan 2500 kalori per hari. Jika ingin menurunkan berat badan, kalori yang dikonsumsi sebaiknya kurang dari angka tersebut.

Misalnya, untuk menurunkan 0,5 kg per minggu atau 2 kg per bulan, seorang wanita harus membatasi dirinya hingga 1500 kalori per hari. Saat ini, masyarakat sebaiknya membatasi asupannya hingga 2000 kalori per hari.

Anita adalah seorang wanita dengan berat badan 55 kg dengan 20 persen obesitas dan bekerja sebagai jurnalis lapangan.

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Hasil perhitungan ini disebut Basal Metabolic Rate (BMR), yaitu jumlah kalori yang akan dibakar tubuh jika Anda tidak melakukan apa pun sepanjang hari (seperti menonton TV sepanjang hari).

Hitung Kebutuhan Energi Untuk Cegah Obesitas

Untuk mengetahui berapa banyak kalori yang terbakar setiap harinya jika melakukan aktivitas tertentu, kalikan hasilnya dengan angka pada tabel di bawah ini.

1.3.

1,55 (ringan) – aktivitas yang banyak melibatkan berdiri atau berjalan, seperti membaca atau berbelanja

1,65 (Sedang) – Aktivitas yang melibatkan aktivitas fisik tinggi, seperti bersih-bersih, bersepeda, lari, kerja lapangan ringan, maksimal 2 jam per hari.

Apa Saja Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah?

1,80 (Sulit) – Pekerjaan yang memerlukan banyak tenaga, seperti pekerja bangunan, penari, atau olahragawan, yang berlangsung minimal 4 jam sehari.

Menghitung kebutuhan kalori itu mudah asalkan Anda mengetahui persentase lemak tubuh Anda. Biasanya gym (pusat kebugaran) menghitung persentase lemak tubuh sebelum menerapkan program olahraga tertentu.

Nah, sekarang Anda sudah tahu berapa banyak kalori yang Anda butuhkan per hari. Sekarang, bagaimana cara membatasi kalori untuk menurunkan berat badan?

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Kalori dalam lemak dua kali lebih banyak kalori dibandingkan protein dan karbohidrat. Oleh karena itu, selama penurunan berat badan, termasuk cara pengolahannya seperti menggoreng, sebaiknya hindari lemak yang berlebihan.

Batas Konsumsi Gula, Garam, Lemak Dalam Sehari

Kentang goreng termasuk makanan berkalori tinggi. Sedangkan sayuran selain rendah kalori juga mengandung serat. Serat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar.

Jangan lupa untuk memeriksa tabel nutrisi yang tertera pada kemasan makanan untuk membantu menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Memotong porsi makan merupakan anjuran diet yang paling klasik. Bagi mereka yang baru memulai diet dan mudah merasa lapar, membatasi porsi makan mungkin terasa sulit.

Jika Anda bisa mengurangi 250 kalori sehari, lakukan olahraga ringan selama 60 menit untuk membakar 250 kalori. Anda bisa kehilangan 3500 kalori hanya dalam satu minggu.

Cara Menyusun Diet Dan Menu Makanan

Ingat, jangan langsung mengurangi kalori secara drastis, karena tubuh perlu beradaptasi. Selain itu, sebaiknya Anda tidak melakukan diet bebas kalori karena dapat membahayakan kesehatan Anda.

Seringkali dikritik karena membuat Anda gemuk, padahal tubuh membutuhkan kalori. Namun, untuk menjaga berat badan tetap ideal, konsumsilah kalori sesuai kebutuhan.

Beliau memulai usahanya pada tahun 1981 dengan membuka kantor perwakilan di Indonesia. Saat ini Indonesia bergerak dalam bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah, didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 staf penjualan. Jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya melayani lebih dari 7 juta masyarakat tertanggung di Indonesia.

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Inflasi medis hampir empat kali lebih cepat dibandingkan inflasi finansial. Meningkatnya permintaan terhadap layanan rumah sakit, kekurangan tenaga kesehatan dan kemajuan teknologi medis merupakan beberapa alasan meningkatnya inflasi medis. Jadi, bagaimana kita menangani biaya kesehatan? Tubuh kita membutuhkan kalori sebagai energi untuk melakukan aktivitas. Banyak orang yang mengabaikan kebutuhan kalori hariannya sehingga bisa berdampak buruk.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Untuk Laki Laki Dan Perempuan

Jika Anda tidak mendapatkan kalori yang cukup, tubuh Anda akan menjadi lemas dan dalam jangka panjang akan menyebabkan berat badan Anda turun. Sementara itu, terlalu banyak kalori dapat membuat Anda gemuk atau kelebihan berat badan sehingga berisiko terkena diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan kanker.

Setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas cara menghitung kebutuhan kalori harian pria dan wanita.

Pertama, perlu dipahami apa saja kebutuhan kalori harian dan mengapa penting untuk memperhatikannya.

Menghitung kebutuhan kalori per hari, aplikasi menghitung kebutuhan kalori, cara menghitung kebutuhan kalori, menghitung kebutuhan kalori, menghitung kebutuhan kalori harian, kalkulator menghitung kebutuhan kalori, rumus menghitung kebutuhan kalori, menghitung kebutuhan kalori tubuh per hari, menghitung kebutuhan kalori tubuh, rumus menghitung kebutuhan kalori harian, cara menghitung kebutuhan kalori per hari, rumus kebutuhan kalori per hari

Leave a Comment