Olahraga Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan

Olahraga Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan – Halodoc, Jakarta – Selain memperhatikan pola makan dan kandungan nutrisinya, olahraga juga berperan penting dalam membantu pola makan Anda berjalan baik selama penurunan berat badan.

Pola makan sebaiknya diimbangi dengan olahraga yang dapat merangsang metabolisme tubuh. Selama diet Anda bisa melakukan latihan berikut:

Olahraga Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan

Olahraga Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan

Mendaki gunung merupakan olah raga yang paling mudah dan tidak memerlukan biaya atau peralatan yang banyak. Jalan kaki terbukti efektif membakar kalori.

Manfaat Lari Sprint Bagi Kesehatan, Ampuh Turunkan Berat Badan

Menurut Harvard Health, orang dengan berat badan 70 kg dapat membakar 167 kalori dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Penelitian lain menunjukkan bahwa 20 wanita dengan masalah obesitas mampu membakar hingga 1,5 persen lemak tubuh dan mengecilkan lingkar pinggang hingga 2,8 sentimeter setelah berjalan kaki rutin tiga kali seminggu (50-70 menit).

Dikutip dari pageprevention.com, lari teratur selama 7 hari bisa membantu menurunkan berat badan jika dilakukan dengan benar.

Menurut pakar Harvard Health, seseorang dengan berat badan 70 kg mampu membakar sekitar 298 kalori dengan jogging selama 30 menit (dengan kecepatan 8 km per jam).

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Olahraga

Selain itu, lari dan joging terbukti mampu membakar lemak perut berlebih. Kelebihan lemak di bagian tubuh ini harus diwaspadai karena dapat memicu penyakit jantung dan diabetes.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa lompat tali dapat membantu meningkatkan indeks massa tubuh (BMI).

Melompat selama 10 menit dengan intensitas tinggi bisa dibilang setara dengan jogging selama 8 menit dan mampu membakar sekitar 1200 kalori per jam. Sedangkan skipping selama 30 menit mampu membakar 300 kalori.

Olahraga Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan

Salah satu kunci menurunkan berat badan adalah membakar banyak kalori. Jika dilakukan dengan benar, bersepeda selama 30 menit dapat membakar antara 300 hingga 500 kalori.

Olahraga Kardio Yang Asyik Dan Efektif Menurunkan Berat Badan

American College of Sports Medicine merekomendasikan latihan kardiovaskular selama 30 menit, termasuk bersepeda, minimal 5 kali seminggu.

Jika dilakukan secara rutin, olahraga aerobik dapat membantu menurunkan berat badan. Gerakan tubuh yang cepat saat latihan aerobik menyebabkan tubuh lebih cepat berkeringat dan membakar lemak lebih cepat.

Berenang dapat membantu Anda menghilangkan lemak tubuh. Pasalnya, otomatis tubuh membakar banyak kalori saat berenang. Melakukannya selama 60 menit akan membakar 500 hingga 700 kalori.

Menurut hasil penelitian American Heart Association, berenang selama 30-60 menit dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kesehatan. Selain itu, jika olahraga ini dilakukan secara rutin 4-6 hari dalam seminggu akan lebih bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit seperti stroke, diabetes, dan jantung.

Mau Badan Langsing Tapi Malas Olahraga? Main Hula Hoop

Menurut Beth A. Lewis, seorang profesor di Universitas Minnesota Amerika Serikat, yoga yang dipadukan dengan meditasi mampu membakar lebih banyak kalori. Yoga selama satu jam mampu membakar lebih banyak kalori dibandingkan berjalan kaki dalam jumlah waktu yang sama. Sebagai perbandingan, satu jam jalan kaki mampu membakar sekitar 238 kalori.

Yoga juga memperkuat otot jantung. Jika otot jantung kuat, pembuluh darah dapat memompa lebih banyak darah dan mengembang lebih cepat untuk mengantarkan lebih banyak oksigen ke sel otot. Ini membantu sel-sel tubuh membakar lebih banyak lemak selama berolahraga dan setelah istirahat.

Pilates adalah latihan dampak yang efektif untuk memperkuat, membangun otot tanpa lemak, dan memperbaiki postur tubuh. Latihan low impact merupakan jenis latihan yang kedua atau salah satu kakinya masih menempel pada tanah.

Olahraga Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan

Angkat beban dianggap sebagai salah satu olahraga paling efektif untuk diet dan juga bisa dilakukan di rumah jika Anda memiliki peralatannya.

Ini 8 Jenis Olahraga Yang Cepat Menurunkan Berat Badan Di Rumah

Penelitian menunjukkan bahwa angkat beban selama 30 menit membakar 112 kalori pada orang dengan berat 70 kg. Selain itu, angkat beban juga dapat memperkuat dan merangsang pertumbuhan otot.

Latihan interval biasanya berlangsung antara 10 dan 30 menit dan membakar banyak kalori untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa latihan interval sangat efektif dalam membakar lemak perut, yang berhubungan dengan banyak penyakit kronis.

Sebuah penelitian terhadap 9 pria menemukan bahwa latihan interval membakar 25-30 persen lebih banyak kalori per menit dibandingkan bentuk olahraga lain, termasuk latihan beban, bersepeda, dan lari.

Berikut 10 olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan. Jika dilakukan secara rutin dan memperhatikan pola makan, pasti hasilnya akan maksimal. (*) Cara menurunkan berat badan yang paling aman adalah dengan rutin berolahraga. Ada banyak sekali jenis olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan, sehingga Anda mungkin bingung olahraga mana yang terbaik bukan?

Olahraga Yang Manjur Turunkan Berat Badan Dan Bikin Panjang Umur

Tentu saja berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang. Pola makan dan olahraga dapat meningkatkan mood, menurunkan risiko berbagai penyakit, dan memperkuat tulang. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, ada berbagai macam olahraga yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Yuk simak ulasannya dibawah ini. Baca juga: Jenis olahraga yang sangat dianjurkan untuk menurunkan kolesterol

Nah di bawah ini adalah tips dan ulasan semua olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. 1. Jalan-jalan

Jalan kaki sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan sangat mudah dilakukan. Untuk melakukan olahraga ini tidak memerlukan pakaian atau perlengkapan khusus. Selain itu juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Olahraga Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan

Anda bisa membuat target berjalan kaki 30 menit setiap hari. Penelitian menemukan bahwa berjalan kaki selama periode ini membakar setidaknya 167 kalori dalam tubuh.

Ide Waktu Yang Baik Untuk Olahraga Menurunkan Berat Badan Teratas Di 2024

Semakin sering Anda melakukannya, semakin Anda terbiasa. Jika sudah menjadi kebiasaan, Anda bisa menambah lama jalan kaki agar lebih banyak kalori yang terbuang. 2. Joging

Selain jalan kaki, jogging juga merupakan salah satu olahraga pelangsingan yang bisa Anda coba lakukan secara rutin. Bergantung pada kecepatan dan intensitas Anda, lari dapat membakar antara 300 dan 379 kalori hanya dalam 30 menit.

Sama seperti jalan kaki, jogging pun tidak memerlukan peralatan khusus, cukup menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Jika Anda belum terbiasa berlari di lapangan, Anda bisa berlari di atas treadmill.

Anda harus berlari secara teratur. Untuk memulainya, Anda bisa mencoba berlari selama 20-30 menit setiap hari. Jika Anda melakukan latihan ini secara rutin, waktu yang Anda habiskan untuk melakukannya pasti akan bertambah seiring dengan terbiasanya Anda. 3. Lompat tali

Berat Badan Turun Cukup Dengan Lakukan 4 Olahraga Ini, Terbukti Ampuh!

Meskipun latihan ini mungkin sederhana, jangan meremehkan manfaat terjun dalam program diet Anda. Pasalnya lompat tali memiliki efek pembakaran kalori yang sama dengan lari.

Lompat tali dengan intensitas rendah mampu membakar 281 kalori dalam waktu 30 menit. Namun, jika Anda lompat tali dengan intensitas tinggi, Anda bisa membakar hingga 421 kalori dalam waktu bersamaan.

Namun ingat, jangan memaksakannya saat pertama kali melakukannya. Anda dapat melakukan ini selama 20 hingga 30 menit, tetapi berikan diri Anda istirahat hingga mencapai tujuan yang Anda inginkan, tidak lebih dari 5 menit. Baca juga: 8 Manfaat olahraga pagi bagi kesehatan tubuh 4. Bersepeda

Olahraga Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya berguna sebagai alat transportasi, bersepeda juga bisa dijadikan salah satu olahraga untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan. Bagi Anda yang tidak ragu untuk bersepeda di luar ruangan, Anda bisa menggunakan sepeda olah raga yang biasa terdapat di gym.

Sindografis: Olahraga Terbaik Untuk Bakar Lemak Dan Menurunkan Berat Badan

Bersepeda di luar ruangan selama 30 menit dapat membakar 180-360 kalori, sedangkan berolahraga dengan sepeda statis dapat membakar 250-280 kalori dalam waktu bersamaan.

Selain membantu menurunkan berat badan, bersepeda dengan baik memiliki manfaat lain untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Bersepeda dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti kanker, jantung dan penyakit berbahaya lainnya. 5. Berenang

Berenang adalah olahraga alternatif yang sangat bagus yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Apalagi jika Anda memiliki kolam renang pribadi, aktivitas ini bisa Anda lakukan setiap hari.

Sebuah artikel dari Harvard Health mengungkap bahwa berenang dalam waktu 30 menit dapat membakar 298 kalori jika berenang gaya punggung, 409 kalori pada kupu-kupu, dan 372 kalori pada lengan.

Olahraga Rumahan Yang Ampuh Turunkan Berat Badan 0

Sehingga Anda bisa merasakan manfaat berenang jika mengalami masalah persendian atau cedera. Pasalnya, olahraga ini low impact sehingga tidak terlalu berdampak besar pada tubuh. 6.Yoga

Meski yoga biasanya dilakukan bersama-sama, namun latihan penurunan berat badan ini juga bisa dilakukan sendiri. Selain itu, kini banyak video di YouTube yang memungkinkan Anda mengajarkan yoga secara online, jadi jangan khawatir jika Anda ingin melakukannya tanpa instruktur.

Meski jumlah kalori yang dibakar tidak terlalu banyak, yoga terbukti membantu menurunkan berat badan. Yoga selama 40 menit dapat membakar 149 kalori.

Olahraga Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan

Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Anda bisa lebih mengontrol nafsu makan dan tubuh seperti rasa lapar yang berlebihan dan tidak sehat. Tentu saja sangat bagus untuk membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan pola makan saat Anda sedang berdiet. 7. Pilates

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Orang Gemuk, Bantu Turunkan Berat Badan

Meski gerakannya hampir identik dengan yoga, Pilates merupakan versi lebih modern dari bentuk latihan fisik yang berfokus pada penguatan dan rehabilitasi tubuh. Pilates menggabungkan serangkaian pernapasan dalam dan gerakan lambat.

Bagi Anda yang masih pemula, latihan pilates bisa dibilang sangat sederhana. Lakukan ini selama 30 menit dan bakar 108 kalori, hingga 168 kalori untuk latihan berikutnya.

Manfaat Pilates antara lain mengurangi nyeri punggung dan memperkuat sendi yang lemah dan cedera. Baca juga: Apa Saja Latihan Kardio yang Mudah Dilakukan?

Nah, itulah beberapa tips olahraga penurunan berat badan efektif yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga dengan membaca ulasan diatas dapat membantu anda yang masih bingung memilih olahraga untuk menurunkan berat badan.

Gerakan Olahraga Yang Ampuh Turunkan Berat Badan: Praktis Dan Efektif

Jangan lupa kamu bisa memesan bahan masakan untuk menu sehatmu di aplikasi Astro. Datang dan coba penuhi kebutuhan sehari-hari Anda di aplikasi Astro. Tumbuh dengan kekuatan impian perempuan Indonesia. 6 Gerakan Terbaik Menurunkan Berat Badan dengan Cepat di Usia 40-an

KOMPAS.com – Menurunkan berat badan dengan cepat dan berkelanjutan bukanlah sebuah pertanyaan

Olahraga paling ampuh untuk menurunkan berat badan, olahraga yang paling ampuh menurunkan berat badan, cara ampuh menurunkan berat badan tanpa olahraga, olahraga yg ampuh untuk menurunkan berat badan, olahraga yang ampuh untuk menurunkan berat badan, olahraga yang ampuh menurunkan berat badan, olahraga ampuh menurunkan berat badan, olahraga yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan, olahraga untuk menurunkan berat badan, olahraga ampuh untuk menurunkan berat badan, cara olahraga menurunkan berat badan, olahraga paling cepat menurunkan berat badan

Leave a Comment