Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori – Kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda. Jumlah kalori yang dibutuhkan ditentukan oleh jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan dan aktivitas fisik sehari-hari. Dengan menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan, Anda bisa menentukan porsi makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tabel Fakta Gizi pada kemasan makanan terdapat kalimat “persen RDA didasarkan pada kebutuhan energi 2.000 kkal. Kebutuhan energi Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.” Artinya kebutuhan kalori harian setiap orang tidak sama.

Jika Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori dari yang dibutuhkan, tubuh Anda akan membakar energi yang tersimpan. Sementara itu, jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan, kalori tersebut akan disimpan di dalam tubuh sehingga berisiko menambah berat badan. Oleh karena itu, Anda perlu menghitung kebutuhan kalori harian untuk menjaga pola makan sehat.

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Sebelum Anda menghitung kebutuhan kalori, apakah Anda sudah memahami apa itu kalori dan lemak? Apakah olahraga membakar kalori atau lemak? Kalori adalah satuan energi yang terkandung dalam makanan atau minuman dan energi yang digunakan untuk melakukan suatu aktivitas.

Cara Menghitung Kebutuhan Kaloripresentation

Makanan atau minuman yang Anda konsumsi memasok energi (kalori) ke tubuh Anda. Energi ini akan terbakar saat berjalan. Jika tubuh mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar, sisa kalori tersebut akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sebaliknya, ketika Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori, berat badan Anda turun karena tubuh membakar simpanan energi tubuh, seperti lemak.

Jika Anda ingin menjaga berat badan tetap stabil, jumlah kalori yang Anda konsumsi harus sesuai dengan jumlah kalori yang Anda butuhkan. Jadi Anda bisa mengatur pola makan untuk menambah, menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Jika ingin menurunkan berat badan, diet defisit kalori bisa menjadi pilihan. Apa itu defisit kalori? Defisit kalori adalah ketika jumlah kalori yang dikonsumsi kurang dari jumlah yang dibutuhkan.

Jika jumlah kalori yang dikonsumsi kurang dari yang dibutuhkan, tubuh mencari sumber energi lain. Beberapa sumber energi tubuh adalah lemak, seperti lemak di perut, paha, dan tubuh. Inilah cara Anda menurunkan berat badan.

Perhitungan Kebutuhan Zat Gizi

Selain mengurangi asupan, defisit kalori dapat dicapai dengan meningkatkan aktivitas fisik dan olahraga. Ketika aktivitas fisik meningkat, lebih banyak kalori yang dibakar.

Namun jumlah kalori yang rendah tidak boleh terlalu tinggi karena dapat berbahaya bagi kesehatan. Jumlah maksimal kalori yang bisa dikurangi adalah 500 kalori per hari. Mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat melemahkan tubuh, menyebabkan kekurangan nutrisi, mengganggu fungsi organ tubuh, dan melemahkan imunitas tubuh sehingga lebih mudah sakit.

Untuk menjamin kecukupan gizi masyarakat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI telah menerbitkan pedoman statistik kecukupan gizi menurut kelompok umur. Kebutuhan kalori harian yang direkomendasikan untuk lansia adalah:

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Namun, tergantung pada berat dan tinggi badan Anda, kebutuhan kalori Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari rekomendasi di atas. Anda dapat menghitung kebutuhan kalori harian Anda menggunakan rumus di bawah ini.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari Yang Belum Banyak Diketahui

Kebutuhan kalori harian merupakan penjumlahan dari laju metabolisme basal (BMR) seseorang dan tingkat aktivitas fisik. Apa itu kalori BMR? BMR adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas dasar. Saat Anda sedang istirahat atau tidur, tubuh tetap membutuhkan kalori agar organ-organ tubuh dapat berfungsi, seperti pernafasan, jantung, pemompa darah, dan sistem pencernaan untuk mencerna makanan.

Untuk memperoleh total kebutuhan kalori harian, hasil perhitungan BMR dikalikan dengan faktor aktivitas fisik. Jika Anda jarang berolahraga, kalikan dengan 1,2. Jika Anda jarang berolahraga, kalikan dengan 1,3. Dan jika Anda sering berolahraga, kalikan dengan 1,4.

Rumus WHO lebih sederhana dibandingkan rumus Harris-Benedict. Rumus ini tidak memperhitungkan tinggi badan, tetapi dibagi berdasarkan kategori usia.

Misalnya rumus 14,7× (berat badan dalam kilogram) + 496 digunakan untuk mengetahui kebutuhan energi wanita usia 18 – 29 tahun.

Begini Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Sedangkan untuk mengetahui kebutuhan energi pria usia 18 hingga 29 tahun digunakan rumus 15,3× (berat badan dalam kilogram) + 679. Kemudian hasilnya dikalikan dengan koefisien aktivitas fisik seperti pada rumus Harris-Benedict. .

Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, serat, dan mineral sebaiknya dijadikan camilan di sela-sela waktu makan utama. Situs web ini menggunakan cookie untuk memberi Anda situs web yang nyaman, aman, dan efisien. Pengaturan cookie browser Anda biasanya disetel ke “Izinkan semua cookie”. Jika Anda terus menelusuri situs ini, Anda menyetujuinya. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang kebijakan privasi dan cookie kami, silakan kunjungi kebijakan privasi kami

Hal ini sering dikritik karena diyakini bahwa tubuh sebenarnya membutuhkan kalori untuk membuat Anda. Namun, untuk menjaga berat badan tetap ideal, Anda perlu mengonsumsi kalori sesuai kebutuhan. Yuk, coba hitung jumlah kalori yang dibutuhkan tubuhmu.

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Anda mungkin sering mendengar kata-kata yang berhubungan dengan kalori dan penurunan berat badan. Kalori bukanlah benda, melainkan satuan ukuran. Kalori mengukur jumlah energi dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Langkah Mudah Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Kita semua membutuhkan energi ini untuk hidup dan menjadi sehat. Untuk berfungsi, tubuh bergantung pada energi, yang datang dalam bentuk kalori.

Makanan yang kita makan menyehatkan tubuh kita, tapi tidak semua kalori itu sehat. Jika Anda makan terlalu banyak, kelebihan kalori tersebut akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Meski tubuh juga membutuhkan lemak, namun kelebihan lemak dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Anak-anak membutuhkan lebih sedikit kalori dibandingkan orang dewasa. Atlet membutuhkan lebih banyak kalori untuk menjaga performa fisik. Ada orang yang makannya sedikit dan makannya mudah, ada pula yang makannya banyak namun tetap kurus.

Rata-rata, seorang wanita membutuhkan 2000 kalori sehari, dan seorang pria membutuhkan 2500 kalori. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, kalori yang Anda konsumsi sebaiknya kurang dari angka tersebut.

Hitung Kalori Untuk Kebutuhan Tubuh

Misalnya, untuk menurunkan 0,5 kg per minggu atau 2 kg per bulan, seorang wanita sebaiknya membatasi asupan kalorinya hingga 1500 kalori per hari. Pada saat yang sama, pria harus membatasi asupan kalorinya hingga 2.000 kalori per hari.

Anita adalah wanita dengan berat badan 55 kg, memiliki 20 persen lemak tubuh dan bekerja sebagai jurnalis lapangan.

Hasil perhitungan ini disebut Basal Metabolic Rate (BMR), yaitu jumlah kalori yang dibakar tubuh jika Anda tidak melakukan apa pun sepanjang hari (misalnya duduk di depan TV sepanjang hari).

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda bakar per hari saat melakukan aktivitas tertentu, kalikan hasilnya dengan angka pada tabel berikut.

A. Cara Menghitung Kebutuhan Energi Dan Zat Gizi Sehari

1.3 (sangat ringan) – aktivitas seperti bekerja di depan komputer sepanjang hari atau banyak duduk dengan sedikit gerakan.

1,55 (ringan) – misalnya saat berdiri atau berjalan dalam waktu lama, seperti saat belajar atau berbelanja

1,65 (Sedang) – Perbanyak aktivitas fisik seperti bersih-bersih, bersepeda, jogging, kerja lapangan ringan, maksimal 2 jam per hari.

1,80 (Sulit) – pekerjaan yang memerlukan banyak tenaga, seperti pekerja bangunan, penari atau atlet, dengan durasi minimal 4 jam per hari.

Ayo Hitung Kebutuhan Kalori Harianmu

Menghitung kebutuhan kalori cukup mudah jika Anda mengetahui persentase lemak tubuh. Biasanya, gym (pusat kebugaran) akan menghitung persentase lemak tubuh ini sebelum melakukan program olahraga tertentu.

Sekarang Anda tahu berapa banyak kalori yang Anda butuhkan per hari. Sekarang bagaimana cara membatasi kalori untuk menurunkan berat badan?

Kalori dalam lemak dua kali lipat kalori dalam protein dan karbohidrat. Oleh karena itu, saat menurunkan berat badan, lemak sebaiknya dihindari, termasuk cara pengolahannya seperti menggoreng.

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Kentang goreng dengan makanan berkalori tinggi. Sedangkan sayuran rendah kalori dan tinggi serat. Serat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar.

Cara Hitung Kebutuhan Kalori Harian

Pastikan untuk memeriksa tabel nutrisi pada paket makanan untuk menghitung kalori dalam tubuh Anda.

Mengurangi porsi makan merupakan anjuran diet paling klasik. Bagi mereka yang baru menjalani diet dan mudah merasa lapar, membatasi porsi makan mungkin terasa sulit.

Jika Anda bisa mengurangi 250 kalori sehari, lakukan olahraga ringan selama 60 menit untuk membakar 250 kalori. Anda bisa mengurangi 3500 kalori hanya dalam satu minggu.

Perlu diingat bahwa asupan kalori tidak boleh langsung dikurangi, karena tubuh harus menyesuaikan diri. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak melakukan diet tanpa mengonsumsi kalori karena dapat membahayakan kesehatan Anda.

Cara Menghitung Kalori Yang Benar!

Hal ini sering dikritik karena diyakini bahwa tubuh sebenarnya membutuhkan kalori untuk membuat Anda. Namun, untuk menjaga berat badan tetap ideal, konsumsilah kalori sesuai kebutuhan.

Perusahaan ini memulai aktivitasnya di Indonesia, membuka kantor perwakilan pada tahun 1981. Indonesia saat ini hadir di bidang asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah, didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan. Jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya melayani lebih dari 7 juta masyarakat tertanggung di Indonesia.

Inflasi medis hampir empat kali lebih tinggi dibandingkan inflasi ekonomi. Meningkatnya permintaan akan perawatan rumah sakit, kekurangan tenaga profesional medis, dan kemajuan teknologi medis merupakan beberapa penyebab inflasi medis. Lalu bagaimana cara mengelola biaya kesehatan tersebut? 2 Menyesuaikan menu diet atau menu makanan sehari-hari hendaknya tidak hanya dilakukan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan saja, melainkan semua orang. ↓ Makan terlalu banyak dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan sebaliknya, terlalu sedikit dapat menyebabkan kekurangan gizi. ↓ Solusinya adalah dengan menghitung kebutuhan kalori tubuh untuk mencapai bentuk tubuh ideal dan sehat.

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

3 Bagi yang sudah kelebihan berat badan, ↓ sebaiknya mengatur menu makanan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan metabolisme harian, namun tidak membiarkan kelebihan makanan menumpuk di dalam tubuh. Sedangkan pada kasus gizi buruk justru sebaliknya. ↓ Menu diet sebaiknya digunakan oleh semua orang dengan memperhatikan perbandingan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta zat lain dalam tubuh, ↓ semuanya dalam jumlah yang cukup.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Setiap Harinya

Bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori harian, cara menghitung kebutuhan kalori wanita, menghitung kebutuhan kalori, cara menghitung kebutuhan kalori sehari, cara menghitung kebutuhan kalori, menghitung kebutuhan kalori per hari, bagaimana menghitung kebutuhan kalori, menghitung kebutuhan kalori harian, bagaimana cara mengetahui kebutuhan kalori kita, menghitung kebutuhan kalori online, cara menghitung kebutuhan kalori dan protein, bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori per hari

Leave a Comment